Maaf, halaman yang Anda cari di blog ini tidak ada.
Maaf, halaman yang Anda cari di blog ini tidak ada.
Langganan:
Postingan (Atom)
Guru Perlu mengembangkan diri agar lebih Profesional. Karya Tulis bagi guru adalah suatu kebutuhan. PTK adalah upaya menciptakan Pembelajaran yang Inovatif. Pembelajaran yang Menyenangkan. Model dan Strategi Pembelajaran haruslah dikembangkan ...
ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa melalui pembelajaran kontekstual. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas I SMK Negeri 1 Galesong Selatan Kabupaten Takalar, dengan jumlah 30 orang. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus, masing-masing dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil analisis data diperoleh bahwa pemahaman matematika siswa Kelas I NKPI 1 SMK Negeri 1 Galesong Selatan Kabupaten Takalar, meningkat setelah dilakukan pembelajaran kontekstual yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar selama dua siklus yaitu : (1) hasil belajar matematika pada Siklus I dengan skor rata-rata 66, 43. Dengan standar deviasi 13,59 ,(2) hasil belajar matematika pada Siklus II dengan rata – rata 78, 73 dengan standar deviasi 12, 61 dan menunjukkan kecenderungan semakin meningkat.
Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual