Kamis, 24 Mei 2012

Contoh RPP Matematika Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran    : Matematika

Kelas/Semester   : X / 2

Pertemuan Ke           : 1 dan 2

Alokasi Waktu    : 8 x 45 Menit




Standar Kompetensi : Memecahkan Masalah Berkaitan Dengan Konsep
                     Matriks.
Kompetensi Dasar   : Mendeskripsikan macam-macam Matriks
Indikator          :
ü  Dapat menentukan unsur dan notasi dari matriks
ü  Dapat menentukan jenis-jenis matriks dan relasinya
ü  Dapat menyelesaikan kesamaan matriks
ü  Dapat menentukan transpose matriks
               
I.  Tujuan Pembelajaran :  
Peserta didik dapat menentukan unsure dan notasi matriks
        Peserta didik dapat menentukan jenis-jenis matriks dan   
     Relasinya (Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri)
§  Peserta didik dapat menyelesikan kesamaan matriks (Nilai yang ditanamkan: Mandiri, kreatif, kerja keras)
§  Peserta didik dapat menentukan transpose, matriks (Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif)
@ Karakter siswa yang diharapkan :
     Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif dan Kerja keras
@ Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif:
     Berorientasi Tugas dan hasil, percaya diri.

II. Materi Ajar (Terlampir) :       
§ Macam-macam matriks
§ Kesamaan matriks
§ Transpos matriks
II.  Model Pembelajaran    :  Pembelajaran langsung  
Metode Pembelajaran   : Ekspositori, Tanya Jawab, Diskusi, Pemberian Tugas.
Strategi Pembelajaran :
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep matriks


Menyelesiakan kesamaan matriks

·   Siswa menyelesaikan kesamaan matriks
·  Siswa berkatih menentukan transpose matriks.

III.  Langkah-langkah Pembelajaran  :
   A.Pertemuan pertama
     Kegiatan Awal      :
Apresiasi : Mengingat kembali beberapa persamaan dan penyelesaiannya
Motivasi   :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam maenyelesaikan masalah yang berhubungan dengan matriks.
Kegiatan Inti      :
1 Eksplorasi
       Dalam kegiatan eksplorasi:
§   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru ( selain itu dalam bentuk LKS atau buku-buku penunjang lainnya untuk dapat dikembangkan peserta didik, mengenai pengertian matriks, elemen matriks, ordo matriks, matriks baris, dan matriks kolom. ( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras)
§   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan jenis – jenis matriks, kesamaan matriks.
   ( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras)

1 Elaborasi
  Dalam kegiatan elaborasi:
§  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh pada LKS mengenai jenis – jenis matriks, kesamaan matriks.
( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras).
§  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai jenis-jenis matriks dan kesamaan matriks, dari “ Aktifitas Kelas” dalam LKS sebagai tugas individu. ( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras)
§   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal “ Aktifitas Kelas” dalam LKS ( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras)
§   Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan sebagai tugas individu. ( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras)
1 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui ( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras)
§  Menjelaskan hal-hal yang belum diketahui. ( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras)
       Kegiatan Akhir :
§  Peserta didik membuat rangkuman dari materi jenis-jenis matriks, kesamaan matriks. ( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras)
§  Peserta didik dan guru melakuakan refleksi. ( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras)
§  Peserta didik diberikan PR yang berkaitan dengan materi, ” Aktifitas Kelas ” yang belum terselesaikan di kelas atau refleksi lain. ( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras)

   B. Pertemuan Kedua
         Kegiatan Awal :
Apresiasi : - Mengingat kembali mengenai jenis-jenis       matriks’
-        Membahas PR
Motivasi   : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam maenyelesaikan masalah yang berhubungan dengan transpos matriks.
Kegiatan Inti      :
1 Eksplorasi
       Dalam kegiatan eksplorasi:
§   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru ( selain itu dalam bentuk LKS atau buku-buku penunjang lainnya untuk dapat dikembangkan peserta didik, mengenai cara menentukan transpose matriks ( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras)
1 Elaborasi
  Dalam kegiatan elaborasi:
§  Peserta didik dan mengkomunikasikan secara lisan atau memprestasikan cara menentukan transpose suatu matriks.
( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras).
§  Peserta didik dan guru berasama-sama membahas contoh dalam LKS, mengenai transpose suatu matriks. ( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras)
§  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “ Aktifitas kelas” ( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras)
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui ( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras)
§  Menjelaskan hal-hal yang belum diketahui. ( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras)
       Kegiatan Akhir :
§  Peserta didik membuat rangkuman dari materi matriks.
( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras)
§  Peserta didik dan guru melakuakan refleksi. ( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras)
§  Peserta didik diberikan PR yang berkaitan dengan materi, ” Aktifitas Kelas ” yang belum terselesaikan di kelas atau refleksi lain. ( Nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, kreatif, kerja keras)
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
Buku-buku Matematika SMK
Referensi lain yang relevan
§ Lembar Kerja Siswa (LKS)
   Alat Belajar : White Board dan spidol
  
VI. Penilaian :
                 Teknik     : Tugas individu, Tugas kelompok dan Ulangan Harian

    Bentuk Tes : Uraian singkat





    Instrumen :

1.  Sebutkan banyaknya baris dan kolom dari matriks-matriks berikut :
                  
              a. A =      
   
b.  B = 

c.  C = 

   2.  Tentukan ordo dari matriks-matriks berikut :
       a. A  =              b. B =
 
          c. C =          d. D =

     3.  Jika matriks A =
          
         Tentukan :
a.  Elemen baris ke 3 kolom ke 1.
b.  Elemen baris ke 2 kolom ke 3
c.  Jika 2 elemen pada matriks A, tentukan pada baris dan kolom berapa ?

D. Kriteria Penilaian :
   Setiap soal diberi skor sesuai dengan tingkat kesukarannya.
Apabila siswa menjawab semua soal dengan benar, maka diberi nilai  10.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

(b)