KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
NILAI
KARAKTER
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
1. Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di tak
hingga
|
§ Arti limit fungsi di satu titik dijelaskan melalui perhitungan
nilai-nilai disekitar titik tersebut
§ Arti limit fungsi di tak hingga dijelaskan melalui grafik dan
perhitungan.
|
· Religius
· Jujur
· Disiplin
·
Kreatif
·
Tanggung-jawab
|
§ Pengertian Limit Fungsi
|
§ Mendiskusikan arti limit fungsi di
satu titik melalui perhitungan nilai-nilai disekitar titik tersebut
§ Mendiskusikan arti limit fungsi di
tak hingga melalui perhitungan nilai-nilai disekitar titik tersebut
§ Melakukan kajian pustaka tentang definisi eksak limit fungsi
|
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Penugasan
|
4
|
|
|
|
2. Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi
aljabar dan trigonometri
|
§ Sifat-sifat limit digunakan dalam menghitung nilai limit
§ Bentuk tak tentu dari limit fungsi ditentukan nilainya
§ Limit fungsi aljabar dan
trigonometri dihitung dengan menggunakan sifat-sifat limit
|
· Religius
· Jujur
· Disiplin
·
Kreatif
§ Tanggung-jawab
|
§ Sifat Limit Fungsi
§ Bentuk Tak Tentu
|
§ Menentukan sifat-sifat limit fungsi.
§ Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri dengan menggunakan
sifat-sifat limit.
§ Melakukan perhitungan limit dengan manipulasi aljabar
§ Mengenal macam-macam bentuk tak tentu
§ Menghitung nilai limit tak tentu.
§ Menghitung bentuk tak tentu fungsi
aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat limit fungsi
|
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Penugasan
|
4
|
|
|
|
3. Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi
|
§ Arti fisis (sebagai laju perubahan) dan arti geometri dari turunan
dijelaskan konsepnya
§ Turunan fungsi yang sederhana dihitung dengan menggunakan definisi
turunan
§ Turunan fungsi dijelaskan sifat-sifatnya
§ Turunan fungsi aljabar dan trigonometri ditentukan dengan menggunakan
sifat-sifat turunan
§ Turunan fungsi komposisi ditentukan dengan menggunakan aturan rantai.
|
· Religius
· Jujur
· Disiplin
·
Kreatif
§ Tanggung-jawab
|
§ Turunan Fungsi
|
§ Mengenal konsep laju perubahan nilai fungsi dan gambaran geometrisnya
§ Dengan menggunakan konsep limit
merumuskan pengertian
turunan fungsi.
§ Dengan menggunakan aturan turunan menghitung turunan fungsi aljabar.
§ Menurunkan sifat-sifat turunan dengan menggunakani sifat lmit
§ Menentukan berbagai turunan fungsi aljabar dan trigonometri
§ Menentukan turunan fungsi dengan menggunakan aturan rantai
§ Melakukan latihan soal tentang turunan fungsi
|
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Penugasan
|
4
|
|
|
|
4. Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan
memecahkan masalah
|
§ Fungsi monoton naik dan turun ditentukan dengan menggunakan konsep
turunan pertama
§ Sketsa grafik fungsi dinggambar dengan menggunakan sifat-sifat turunan
§ Titik ekstrim grafik fungsi ditentukan koordinatnya
§ Garis singgung sebuah fungsi ditentukan persamaannya
|
· Religius
· Jujur
· Disiplin
·
Kreatif
§ Tanggung-jawab
|
§ Karakteristik Grafik Fungsi Berdasar Turunannya
|
§ Mengenal secara geometris tentang fungsi naik dan turun
§ Mengidentifikasi fungsi naik atau fungsi turun menggunakan aturan
turunan.
§ Menggambar sketsa grafik fungsi dengan menentukan perpotongan sumbu
koordinat, titik stasioner dan kemonotonannya
§ Menentukan titik stasioner suatu fungsi beserta jenis ekstrimnya
§ Menentukan persamaan garis singgung fungsi.
|
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Penugasan
|
4
|
|
|
|
5. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim
fungsi dan penafsirannya
|
§ Masalah-masalah yang bisa diselesaikan dengan konsep ekstrim fungsi
disusun model matematikanya
§ Model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi
ditentukan penyelesaiannya
|
· Religius
· Jujur
· Disiplin
·
Kreatif
§ Tanggung-jawab
|
§ Model matematika Ekstrim Fungsi
|
§ Menentukan variabel-variabel (x dan y) dari masalah ekstrim fungsi
§ Menyatakan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari dibentuk ke dalam
model matematika
§ Menentukan penyelesaian model matematika dengan menggunakan konsep
ekstrim fungsi.
|
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Penugasan
|
4
|
|
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
NILAI
KARAKTER
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
1. Memahami konsep integral
tak tentu dan integral tentu
|
§ Fungsi aljabar dan trigonometri ditentukan integral tak tentunya
§ Fungsi aljabar dan trigonometri ditentukan integral tentu-nya
§ lMenyelesaikan masalah yang melibatkan integral tentu dan tak tentu
|
· Religius
· Jujur
· Disiplin
·
Kreatif
·
Tanggung-jawab
|
§ Integral Tak tentu
§ Integral Tentu
|
§ Mengenal integral tak tentu sebagai anti turunan
§ Menentukan integral tak tentu dari fungsi sederhana
§ Merumuskan integral tak tentu dari fungsi aljabar dan trigonometri
§ Merumuskan sifat-sifat integral tak tentu
§ Mengenal integral tentu sebagai luas daerah dibawah kurva
§ Mendiskusikan teorema dasar kalkulus
§ Merumuskan sifat integral tentu
§ Menyelesaikan masalah aplikasi integral tak tentu dan integral tentu
|
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Pengamatan
§ Penugasan
|
4
|
|
|
|
2. Menghitung integral tak tentu dan
integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhanai
|
§ Nilai integral suatu fungsi ditentukan dengan cara substitusi
§ Nilai integral suatu fungsi ditentukan dengan cara parsial
§ Nilai integral suatu fungsi ditentukan dengan cara substitusi
trigonometri
|
· Religius
· Jujur
· Disiplin
·
Kreatif
§ Tanggung-jawab
|
§ Teknik Pengintegralan:
o Substitusi
o Parsial
o Substitusi trigonometri
|
§ Nilai integral suatu fungsi ditentukan dengan cara substitusi
§ Nilai integral suatu fungsi ditentukan dengan cara parsial
§ Nilai integral suatu fungsi ditentukan dengan cara substitusi
trigonometri
§ Menggunakan teknik pengintegralan untuk menyelesaikan masalah.
|
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Pengamatan
§ Penugasan
|
8
|
|
|
|
3. Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan
volume benda putar
|
§ Daerah yang dibatasi oleh kurva dan/atau sumbu-sumbu koordinat dihitung
luasnya menggunakan integral.
§ Volume benda putar dihitung dengan menggunakan integral.
|
· Religius
· Jujur
· Disiplin
·
Kreatif
§ Tanggung-jawab
|
§ Luas daerah
§ Volume benda putar
|
§ Menggambar grafik-grafik fungsi dan menentukan perpotongan grafik fungsi
sebagai batas integrasi.
§ Menentukan luas daerah dibawah kurva dengan menggunakan integral
§ Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan luas daerah di bawah kurva
§ Mendiskusikan cara menentukan volume benda putar (menggambar daerahnya,
batas integrasi)
§ Menghitung volume benda putar dengan menggunakan integral
|
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Pengamatan
§ Penugasan
|
8
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
(b)