Senin, 11 April 2016

Silabus K13 Matematika SMK Kelas XII



SILABUS


NAMA SEKOLAH                                :   SMK NEGERI 1 SUL-SEL
MATA PELAJARAN             :   MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER          :   XII/1
STANDAR KOMPETENSI  :   Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah
ALOKASI WAKTU                :   20 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
NILAI KARAKTER
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.   Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di tak hingga
§ Arti limit fungsi di satu titik dijelaskan melalui perhitungan nilai-nilai disekitar titik tersebut
§ Arti limit fungsi di tak hingga dijelaskan melalui grafik dan perhitungan.

·       Religius
·       Jujur
·       Disiplin
·       Kreatif
·      Tanggung-jawab
§ Pengertian Limit Fungsi



§ Mendiskusikan  arti limit fungsi di satu titik melalui perhitungan nilai-nilai disekitar titik tersebut
§ Mendiskusikan  arti limit fungsi di tak hingga melalui perhitungan nilai-nilai disekitar titik tersebut
§ Melakukan kajian pustaka tentang definisi eksak limit fungsi
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Penugasan

4


  1. Modul limit fungsi
  2. Referensi lain yang relevan

2.   Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri
§ Sifat-sifat limit digunakan dalam menghitung nilai limit
§ Bentuk tak tentu dari limit fungsi ditentukan nilainya
§ Limit fungsi  aljabar dan trigonometri dihitung dengan menggunakan sifat-sifat limit

·       Religius
·       Jujur
·       Disiplin
·       Kreatif
§ Tanggung-jawab
§ Sifat Limit Fungsi
§ Bentuk Tak Tentu
§ Menentukan sifat-sifat limit fungsi.
§ Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat limit.
§ Melakukan perhitungan limit dengan manipulasi aljabar
§ Mengenal macam-macam bentuk tak tentu
§ Menghitung nilai limit tak tentu.
§ Menghitung bentuk tak tentu  fungsi aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat limit fungsi

§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Penugasan
4



3.   Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi
§ Arti fisis (sebagai laju perubahan) dan arti geometri dari turunan dijelaskan konsepnya
§ Turunan fungsi yang sederhana dihitung dengan menggunakan definisi turunan
§ Turunan fungsi dijelaskan sifat-sifatnya
§ Turunan fungsi aljabar dan trigonometri ditentukan dengan menggunakan sifat-sifat turunan
§ Turunan fungsi komposisi ditentukan dengan menggunakan aturan rantai.

·       Religius
·       Jujur
·       Disiplin
·       Kreatif
§ Tanggung-jawab
§ Turunan Fungsi

§ Mengenal konsep laju perubahan nilai fungsi dan gambaran geometrisnya
§ Dengan menggunakan konsep limit  merumuskan pengertian  turunan  fungsi.
§ Dengan menggunakan aturan turunan menghitung turunan fungsi aljabar.
§ Menurunkan sifat-sifat turunan dengan menggunakani sifat lmit
§ Menentukan berbagai turunan fungsi aljabar dan trigonometri
§ Menentukan turunan fungsi dengan menggunakan aturan rantai
§ Melakukan latihan soal tentang turunan fungsi
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Penugasan

4



4.   Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah
§ Fungsi monoton naik dan turun ditentukan dengan menggunakan konsep turunan pertama
§ Sketsa grafik fungsi dinggambar dengan menggunakan sifat-sifat turunan
§ Titik ekstrim grafik fungsi ditentukan koordinatnya
§ Garis singgung sebuah fungsi ditentukan persamaannya
·       Religius
·       Jujur
·       Disiplin
·       Kreatif
§ Tanggung-jawab
§ Karakteristik Grafik Fungsi Berdasar Turunannya
§ Mengenal secara geometris tentang fungsi naik dan turun
§ Mengidentifikasi fungsi naik atau fungsi turun menggunakan aturan turunan.                      
§ Menggambar sketsa grafik fungsi dengan menentukan perpotongan sumbu koordinat, titik stasioner dan kemonotonannya
§ Menentukan titik stasioner suatu fungsi beserta jenis ekstrimnya
§ Menentukan persamaan garis singgung fungsi.

§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Penugasan
4



5.   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya
§ Masalah-masalah yang bisa diselesaikan dengan konsep ekstrim fungsi disusun model matematikanya
§ Model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi ditentukan penyelesaiannya

·       Religius
·       Jujur
·       Disiplin
·       Kreatif
§ Tanggung-jawab
§ Model matematika Ekstrim Fungsi
§ Menentukan variabel-variabel (x dan y) dari masalah ekstrim fungsi
§ Menyatakan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari dibentuk ke dalam model matematika
§ Menentukan penyelesaian model matematika dengan menggunakan konsep ekstrim fungsi.
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Penugasan

4






NAMA SEKOLAH                                :   SMK NEGERI 1 SUL-SEL
MATA PELAJARAN             :   MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER          :   XII/1
STANDAR KOMPETENSI  :   Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah
ALOKASI WAKTU                :  20 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
NILAI KARAKTER
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.          Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu
§ Fungsi aljabar dan trigonometri ditentukan integral tak tentunya
§ Fungsi aljabar dan trigonometri ditentukan integral tentu-nya
§ lMenyelesaikan masalah yang melibatkan integral tentu dan tak tentu
·       Religius
·       Jujur
·       Disiplin
·       Kreatif
·      Tanggung-jawab
§ Integral Tak tentu
§ Integral Tentu

§ Mengenal integral tak tentu sebagai anti turunan
§ Menentukan integral tak tentu dari fungsi sederhana
§ Merumuskan integral tak tentu dari fungsi aljabar dan trigonometri
§ Merumuskan sifat-sifat integral tak tentu
§ Mengenal integral tentu sebagai luas daerah dibawah kurva
§ Mendiskusikan teorema dasar kalkulus
§ Merumuskan sifat integral tentu
§ Menyelesaikan masalah aplikasi integral tak tentu dan integral tentu

§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Pengamatan
§ Penugasan
4


  1. Modul integral
  2. Referensi lain yang relevan

2. Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhanai
§ Nilai integral suatu fungsi ditentukan dengan cara substitusi
§ Nilai integral suatu fungsi ditentukan dengan cara parsial
§ Nilai integral suatu fungsi ditentukan dengan cara substitusi trigonometri
·       Religius
·       Jujur
·       Disiplin
·       Kreatif
§ Tanggung-jawab
§ Teknik  Pengintegralan:
o Substitusi
o Parsial
o Substitusi trigonometri
§ Nilai integral suatu fungsi ditentukan dengan cara substitusi
§ Nilai integral suatu fungsi ditentukan dengan cara parsial
§ Nilai integral suatu fungsi ditentukan dengan cara substitusi trigonometri
§ Menggunakan teknik pengintegralan untuk menyelesaikan masalah.

§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Pengamatan
§ Penugasan

8



3.     Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan volume benda putar

§ Daerah yang dibatasi oleh kurva dan/atau sumbu-sumbu koordinat dihitung luasnya menggunakan integral.
§ Volume benda putar dihitung dengan menggunakan integral.
·       Religius
·       Jujur
·       Disiplin
·       Kreatif
§ Tanggung-jawab
§ Luas daerah
§ Volume benda putar

§ Menggambar grafik-grafik fungsi dan menentukan perpotongan grafik fungsi sebagai batas integrasi.
§ Menentukan luas daerah dibawah kurva dengan menggunakan integral
§ Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan luas daerah di bawah kurva
§ Mendiskusikan cara menentukan volume benda putar (menggambar daerahnya, batas integrasi)
§ Menghitung volume benda putar dengan menggunakan integral

§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Pengamatan
§ Penugasan

8








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

(b)