Rabu, 31 Maret 2010

Laporan Vocasi Matematika jenjang SMK Alumni Diklat P4TK Matematika Yogyakarta

LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM TINDAK LANJUT Bulan Agustus 2009 s/d Februari 2010)
Disusun Oleh : HERWELIS, S.Pd (GURU SMK NEGERI 1 GALESONG SELATAN)
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2003, UU Nomor 14 Tahun 2005, serta PP Nomor 19 Tahun 2005, yang diikuti oleh Permen Diknas RI Nomor 22, 23, dan 24 tahun 2006, maka semua guru wajib meningkatkan mutu kompetensinya, yakni kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial. Peningkatan kompetensi tersebut diyakini dapat berdampak pada kemampuan guru mengelola pembelajaran yang efektif, efisien, aktif, kreatif, dan menyenangkan. Itulah sebabnya, dipandang sangat penting melakukan upaya-upaya peningkatan mutu kompetensi guru di semua jenjang dan jenis sekolah dalam rangka peningkatan mutu hasil belajar siswa, yang sekaligus menunjang peningkatan mutu pendidikan dasar dan menengah pada umumnya.
Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pedagogik dan profesional guru sebagai komponen terdepan melakukan pengelolan pembelajaran yang bermutu. Diantaranya mengikuti diklat yang berhubungan dengan kompetensi masing-masing guru atau melalui kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada tingkat rayon di setiap kabupaten/kota.
Sejalan dengan upaya meningkatkan kemampuan serta keprofesionalan pendidik dan tenaga kependidikan dalam skala yang lebih luas, baru-baru ini beberapa guru matematika telah mengikuti Diklat Guru Pengembang Matematika SMK Jenjang Dasar yang dilaksanakan oleh P4TK Matematika Yogyakarta. Hasil diklat tersebut dalam artian alumninya perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam upaya penembangan kompetensi dibidang matematika. Hasil Diklat di P4TK Matematika diharapkan menjadi bagian dan dimanfaatkan untuk membantu tercapainya tujuan umum dari usaha pembinaan keprofesionalan pendidik dan tenaga kependidikan.
Penerapan hasil pelatihan diharapkan dapat berdampak positif tidak hanya di sekolah tempat mereka bekerja secara rutin, tetapi juga dapat berdampak di pertemuan profesi seperti pertemuan MGMP yaitu tempat mereka melaksanakan tugas tambahan.
Keberhasilan maupun kegagalan penerapan hasil pelatihan oleh para alumni merupakan kepentingan dan tanggung jawab bersama antara lembaga pelatihan pusat maupun daerah dan lembaga-lembaga struktural terkait dengan pendidikan sekolah di daerah.
Bagi pelaksanaan rencana program kegiatan tindak lanjut pasca pelatihan diharapkan dapat memberikan umpan balik yang lebih faktual, lengkap dan terkontrol tentang implementasi dari program pelatihan yang telah dilaksanakannya.
B. TUJUAN
Program tindak lanjut ini bertujuan :
1. Meningkatkan dan memantapkan pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta pelatihan.
2. Meningkatkan kemampuan peserta pelatihan dalam penerapan hasil pelatihan di tempat kerjanya masing-masing
3. Menularkan (mendiseminasikan) hasil pelatihan kepada kolega atau teman sekerja dan pimpinan di lembaga asal peserta pelatihan.
C. SASARAN
Sasaran dari program tindak lanjut adalah sebagai berikut:
1. Peningkatan kinerja secara individual bagi peserta diklat
2. Kolega atau teman sekerja atau teman sesama anggota MGMP Matematika agar memperoleh bahan diskusi, bahan referensi untuk kegiatan organisasi MGMP Matematika.
3. Pimpinan dalam institusi tempat peserta didik melaksanakan tugas dan dinas
4. Dinas Pendidikan serta pemerintah kota/kabupaten se-Sulawesi Selatan.
D. PELAKSANAAN
Pelaksanaan Program Tindak Lanjut ini dilaksanakan oleh alumni diklat dengan melakukan pengimbasan baik dilingkungan sekolah tempat alumni bertugas maupun dalam organisasi profesi guru seperti MGMP Matematika kota/kabupaten se-Sulawesi Selatan yang ada. Program tindak lanjut yang telah kami susun sedapat mungkin kami sesuaikan dengan jadwal pelaksanaan, namun situasi dan kondisi tidak memungkinkan, maka pelaksanaannya kami sesuaikan kondisi yang ada.
Program tindak lanjut yang telah kami realisasikan dalam bentuk kegiatan yang dilaksanakan mulai dari bulan Agustus 2009 s/d Januari 2010. Kegiatan-kegiatan yang sempat kami lakukan dintaranya menjadi pemrakarsa terbentuknya MGMP Matematika SMK Kabupaten Takalar, melakukan koordinasi dengan unsur terkait diantaranya kepala SMK se Kab Takalar, MKKS SMK, Pengawas dan Kepala Dikpora Takalar, Menjadi pengurus MGMP MM SMK, melakukan rapat kerja MGMP dan melakukan pembimbingan atau fasilitasi teman-teman sejawat dalam upaya peningkatan kompetensi matematika dan lainnya dilingkungan SMK N 1 Galesong Selatan Takalar.
Berikut ini kami sajikan Rencana Program Tindak Lanjut yang kami susun pada hari terakhir diklat vocasi matimatika jenjang SMK kemudian realisasi dari RTL tersebut :
BAB II
RENCANA TINDAK LANJUT
DIKLAT GURU PENGEMBANG MATEMATIKA SMK (VOKASI) JENJANG DASAR
Pembentukan MGMP Matematika Tingkat Kabupaten/Kota
Koordinasi dengan Unsur yang Terkait
Rapat Kerja Tahunan
Rapat Pembentukan Pengurus MGMP Matematika SMK seKabupaten/Kota
Koordinasi dengan unsur yang terkait
Menyusun Program Kerja Tahunan
Menyusun perangkat pembelajaran
Pembahasan Soal-Soal Ebtanas
Terbentuknya MGMP Matematika tingkat Kabupaten/Kota
Adanya dukungan dari unsur yang terlibat
Adanya program kerja tahunan
Tersusunnya Silabus dan RPP dan KKM tahun ajaran 2009/2010
BAB III
REALISASI PROGRAM TINDAK LANJUT
DIKLAT GURU PENGEMBANG MATEMATIKA SMK (VOKASI) JENJANG DASAR
A,. Pembentukan MGMP MM SMK Takalar
Setelah mengikuti Diklat Guru Pengembang Matematika SMK Jenjang Dasar Angkatan ke 30 tahun 2009 (Vocasi Regiun 4 Makassar) oleh P4TK MM Yogyakarta maka para alumni diharapkan melakukan program tindak lanjut dalam bentuk pengimbasan di sekolah masing-masing ataupun MGMP Matematika SMK. Berhubung karena MGMP MM SMK pada saat itu lagi vacun, maka kami beberapa alumni diklat sepakat membentuk kepengurusan yang baru. Tanggal 15 Agustus 2009 bertempat di SMK N 1 Galesong Selatan diadakanlah rapat pembentukan pengurus MGMP MM SMK Takalar dengan dihadiri perwakilan dari seluruh SMK yang ada di Takalar dan Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMK Takalar. Pertemuan tersebut menghasilkan :
- Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga MGMP MM SMK Takalar
- Pengurus MGMP MM SMK Takalar terpilih periode 2009 – 2011.
Secara umum MGMP Matematika SMK Kab. Takalar yang terbentuk bertujuan memberikan pelayanan, bantuan, dan pembinaan berkaitan dengan tugas mendidik, mengajar, membimbing, dan melatih para guru mata pelajaran matematika SMK guna meningkatkan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadiannya, sehingga mampu mengelola pembelajaran secara profesional dan bermutu dalam upaya meningkatkan mutu hasil belajar siswanya, sekaligus menunjang peningkatan mutu pendidikan terkhusus mata pelajaran matematika di Kabupaten Takalar.
B,. Koordinasi dengan unsur terkait
Setelah adanya pengurus MGMP MM SMK terpilih, maka kami melakukan koordinasi dengan unsur terkait diantaranya para kepala SMK se Kabupaten Takalar melalui MKKS SMK Takalar, Para pengawas SMK dan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Takalar. Dalam hal ini, kami meminta dukungan agar pengurus MGMP yang terpilih diakui keberadaannya dalam bentuk menerbitkan Surat Keputusan oleh Kepala Dinas Dikpora Takalar. Adapun hasil dari koordinasi yang kami lakukan adalah :
1. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Mengeluarkan SK tentang Susunan Pengurus MGMP Matematika SMK Takalar periode 2009-2011 pada tanggal 12 Oktober 2009.
2. Para Kepala Sekolah SMK di takalar bersedia memfasilitasi pertemuan Rutin yang akan diadakan oleh MGMP MM SMK
C,. Rapat Kerja MGMP MM SMK Takalar
Setelah SK Kepala Dinas Dikpora Takalar tentang MGMP MM SMK maka, kami pengurus mengadakakan Rapat Kerja Tahunan I dengan mengundang teman-teman guru Matematika SMK Se Kabupaten Takalar. Rapat berlansung di SMK N 1 Galesong Selatan pada tanggal 18 Oktober 2009. Adapun Program Kerja yg dihasilkan diantaranya :
1. Pengurus terbentuk mengupayakan membuat proposal kegiatan guna mendapatkan bantuan dana baik dari unsur swasta, pemda, LPMP dan lainnya.
2. Adanya pertemuan Rutin Guru-Guru matematika SMK Tiap Bulan dengan membahas agenda berbeda.
3. Penentuan Buku Penunjang/pegangan bagi guru-guru matimatika SMK se-Kabupaten Takalar.
4. Membuat Format RPP matematika seragam
5. Membuat RPP matematika seragam mulai kelas X, XI dan XII
6. Pembuatan LKS atau Modul
7. Pelatihan dan bimbingan pembuatan Penelitian Tindakan Kelas
8. dll
D,. Fasilitator Teman Sejawat di Sekolah
Setelah mengikuti diklat vokasi maka selain aktif menjadi pengurus MGMP MM SMK Takalar, kami disekolah juga aktif berdiskusi, membimbing dan memfasilitasi teman-teman guru secara umum dan guru matematika secara khusus dalam berbagai hal, diantaranya :
1. Penyusunan RPP Matematika bersama teman2 guru matematika di SMK Negeri 1 Galesong Selatan.
2. Penentuan KKM tiap mata pelajaran, masih ada beberapa teman guru yang belum memahami secara utuh bagaimana menentukan KKM. Dalam kesempatan tersebut, kami alumni diklat senantiasa berdiskusi dan memberikan penjelasan yang benar tentang penentuan KKM.
3. Teknik penyusunan Penelitian Tindakan Kelas. Berdiskusi dengan beberapa guru SMK N 1 Gal-sel bagaimana menyusun PTK, dengan mempertimbangkan masalah yang dihadapi di dalam kelas dan upaya penyelesaiannya kemudian berupaya menulisnya dalam bentuk PTK. Pada kesempatan tersebut kami memperlihatkan panduan ataupun format penulisan PTK yang baik.
BAB IV
PENUTUP
Laporan pelaksanaan program tindak lanjut Diklat Guru Pengembang Matematika SMK Jenjang ini dibuat guna menjadi bahan evaluasi dalam rangka perbaikan-perbaikan dalam program selanjutnya. Kegiatan yang telah dilaksanakan diharapkan menjadi media motivasi dan inovasi guru dalam peningkatan kemampuan paedagogik guru dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Sehingga pada gilirannya kualitas pendidikan dapat meningkat secara signifikan.
Saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan.Demikian laporan pelaksanaan program tindak lanjut ini kami buat. Besar harapan kami agar diikutkan dalam diklat lanjutan agar kami dapat meningkatkan kompetensi kami menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

(b)